BERITA


PELEPASAN SISWA-SISWA KELAS XII SMK MAARIF NU 2 KARANGLEWAS


Mandaka NewsSenin, 06 Mei 2024, SMK Maarif NU 2 Karanglewas melangsungkan acara pelepasan siswa-siswi kelas XII dengan tema “Menyiapkan Generasi Tangguh, Menyongsong Indonesia Emas 2045”. SMK Maarif NU 2 Karanglewas telah menyampaikan serangkaian acara untuk menyerahkan hasil dari proses yang telah dilalui oleh peserta didik kelas XII sekaligus memberikan kenangan indah di akhir masa sekolah mereka.

Acara pelepasan ini digelar dengan menggunakan konsep “Nguri-uri Budaya Jawa”, dipandu oleh Bapak Aziz Nurohman, S.E. dan melibatkan dua peserta didik yaitu Dwi Isa Nadiatul ‘Ula Zahrotus  dari kelas X – B dan Naela Zahro dari kelas XI TKJ. Seluruh prosesi dilakukan dengan menggunakan Bahasa Jawa. Acara tersebut dilaksanakan di halaman sekolah, dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 12.30 WIB.


Sebelum acara di mulai, para tamu undangan disambut dengan penampilan dari tim Hadroh, dan juga alunan detuman dari gamelam yang merupakan siswa-siswi kelas X dari semua jurusan.

Untuk mengawali pembukaan acara pelepasan siswa-siswi kelas XII, di buka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Nahdliyatur Rizqi dari kelas X – C. Kemudian dilanjut untuk acara kedua yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubbanul Wathon oleh tim Paduan Suara yang merupakan peserta didik kelas X dari semua jurusan.

Dalam pelepasan siswa-siswi kelas XII ini, SMK Maarif NU 2 Karanglewas melepas 107 orang siswa-siswinya. Terdiri dari 2 jurusan yakni TSM (Teknik Sepeda Motor) dan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).

Dilanjutkan dengan sesi ketiga yakni menampilkan pentas seni drama Roro Jonggrang persembahan dari para siswa-siswi kelas XI, mereka begitu sangat mendalami perannya masing-masing sehingga suasana acara menjadi sangat meriah. Sebagai hiburan untuk tamu undangan, orangtua/wali, seluruh peserta didik SMK Maarif NU 2 Karanglewas, serta bapak/ibu guru dan keryawan.

Pengalungan Samir dilanjutkan untuk semua siswa-siswi kelas XII di mulai dari kelas XII TSM, XII TKJ A, dan terakhir adalah kelas XII TKJ B. Meskipun harus mengantri lama untuk mendapatkan Samir masing-masing, para siswa-siswi merasa banggga dan menunggu dengan antusias sampai nama mereka dipanggil oleh pembawa acara. Setelah pengalungan Samir, dilanjutkan dengan sambutan dan pembacaan Ikrar Alumni yang di wakili oleh salah satu siswa dari kelas XII TKJ A, Gheabriel Mulya Pratama dan diikuti oleh semua  siswa-siswi kelas XII.

Penampilan selanjutnya dari Pagar Nusa, penampilan yang dilakukan oleh Feldinio Aji Purnomo ditemani oleh Widhiana Saraswati. Keduanya menampilkaan gerakan Seni (Jurus Tunggal) dengan sangat indah dan luwes. Tak hanya menampilkan Jurus seni nya saja, namun juga pertunjukan memcahkan benda keras dengan batu bata putih bertingkat menggunakan kepala maupun tangan untuk memecahkannya.  Adegan tersebut dilakukan oleh Feldinio Aji Purnomo dari kelas XI TKJ, Fuad Nurohman  dari kelas XI TSM, Arif Rohmatuloh dan Muhammad Rizqi Al-Fath dari kelas XII TSM.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Bapak Al Amin, M.Pd.I. selaku Kepala SMK Maarif NU 2 Karanglewas. Dalam sambutannya, beliau membuka dengan menggunakan Bahasa Jawa yang mungkin Sebagian orang tidak memahami perkataan yang beliau ucapkan. Lalu di ubah dengan memakai Bahasa Indonesia, beliau mengatakan “Hari ini adalah hari yang sangat berbahagia dan sangat Istimewa khususnya bagi bapak/ibu wali murid kelas XII yang sudah berhasil mengantar putra-putrinya menempuh jenjang Pendidikan di SMK Maarif NU 2 Karanglewas selama 3 tahun. Dan hari ini insyaallah akan berakhir, kami mengucapkan selamat kepada bapak/ibu wali murid kelas XII dan juga seluruh siswa-siswi SMK Maarif NU 2 Karanglewas yang telah di wisuda”. Serta mendoakan kesuksesan masing-masing dari meraka dan lekas menjadi bagian dari industry di Indonesai maupun melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Sebagai bentuk tanda kasi dari sekolah, 4 siswa berprestasi di bidang akdemik dan non-akademik diberikan penghargaan dari sekolah. Tiga siswa merupakan pemegang peringkat 3 terbaik di bidang akademik, dan satu siswa merupakan siswa berprestasi di bidang non-akademik, yaitu peserta LKS Tingkat Kabupaten.

Setelah acara pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan bapak/ibu wali murid kelas XII, beliau mengatakan selama tiga tahuan telah menimbah ilmu di sekolah ini, semoga apa yang telah didapatkan para widusawan wisudawati dapat di kembangkan di dunia Tuhan ini. Tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah beserta jajaran dewan guru dan karyawan SMK Maarif NU 2 Karanglewas yang telah mendidik dan membimbing putra-putrinya selama 3 tahun kebelakangan ini. Dan juga mengucapkan permohonan maaf, apabila putra-putrinya melakukan kesalahan selama menimbah ilmu di sekolah ini.

Untuk penampilan berikutnya ada grub band yang menampilkan dua lagu bergenre akustik. Grup tersebut merupakan grup kelas X yang beranggotakan 3 siswa yaitu Bntang Johar Munna, Alfian Saputra, dan Muhammad Naufal Faqih.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua BP2MNU Kec. Karanglewas, Bapak H. Kosim Kuswadi, BA. Dalam sambutannya beliau mengenalkan BP2MNU kepada bapak/ibu wali murid dan memperkenalkan diri sebagai ketua BP2MNU yang baru. Menceritakan berbagai pengalaman nya sebagai seorang guru yang mengajar di SMK Maarif NU 2 Karanglewas. Dan meminta bantuan kepada bapak/ibu wali murid beserta siswa-siswi kelas XII untuk turut membantu dalam mencari calon peserta didik baru.

Kemudian ada penampilan Tari Tradisional yang beranggotakan 3 siswi cantik yaitu Regita Galuh Putri, Agita Muflihatun, dan Ergi Aprilia Kleoni. Tarian yang diiringi dengan music yang berfungsi sebagai pendukung suasana dalam tarian yang semakian tampak indah.

Selanjutnya, sambutan dari perwakilan siswa-siswi kelas X dan XI oleh Angga Pambuji. Dalam sambutannya, Angga Pamuji mengucapkan selamat kepada kakak-kakak kelas XII yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan di SMK Maarif NU 2 Karanglewas dengan berbagai prestasi yang telah dicapai. Itu akan menjadi salah satu motivasi dan tauladan siswa-siswi kelas X dan XI untuk mengikuti jejaknya. Dan mengharapkan setelah lulus dari sini, kakak-kakak kelas XII selalu menjaga nama baik almamater dan menjulang prestasi lebih tinggi.

Dua penampilan terakhir, yaitu yang pertama adalah Tari Kontemporer yang beranggotakan 3 siswi cantik yakni Dian Alya Rahmawati, Dian Mufiatul Anisa, dan Sholihah Indriyani. Tari Kontemprorer sendiri jenis tari yang terpengaruh oleh dampak dari modernisasi dan memiliki sifat bebas maupun tidak terkait oleh ketentuan gerak seperti tari tradisional pada umumnya.

Yang kedua adalah dari tim Paduan suara yang berkolaborasi dengan dua siswi dari kelas XII yakni Esa Vrilia Maulida dan Nita Rizqian, dan disela-sela lagu Nita Rizqiana membacakan puisi dengan begitu lantang dan percaya diri.

Sebagai pengujung acara, SMK Maarif NU 2 Karanglewas menghadirkan Bapak Kyai H. Tohirin untuk memberikan sedikit pengarahan dan ditutup dengan doa bersama. Yang tersisa setelah ini adalah bagaimana tindak lanjut dari para wisudawan wisudawati dalam memaknai kelulusan meraka dan menerapkan ilmu yang mereka dapat. Semoga di tahun-tahun selanjutnya, SMK Maarif NU 2 Karanglewas tetap memberikan yang terbaik untuk siswanya dan bisa membekali meraka dengan ilmu dan pengalaman untuk terjun dalam bermasyarakat.