BERITA


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMK Maarif NU 2 Karanglewas


Pada hari Senin, 29 Januari 2024 telah dilaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMK Maarif NU 2 Karanglewas Kabupaten Banyumas oleh Bapak Amin Purwono, S.Pd., M.Ak sebagai Pengawas SMK Cabang Dinas Wilayah X Jawa Tengah. Tujuan dari diadakannya PKKS ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.


Seperti diketahui, PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai kinerja dari kepala sekolah yang profesional agar berkelas dan berkualitas, sehingga dapat merumuskan sebuh mutu lulusan dalam lembaga yang diembannya. Sebagai proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas kerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Adapun standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut:
1. Sebagai Pendidik (Edukator)
2. Sebagai Manajer
3. Sebagai Administrator
4. Sebagai Supervisor (Penyelia)
5. Sebagai Leader (Pemimpin)
6. Sebagai Inovator
7. Sebagai Motivator

Aspek PKKS (Penilaian KInerja Kepala Sekolah) diantaranya komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kinerja. Adapun kompetensi yang dinilai hanya berfokus pada bidang manajerial, bidan kewirausahaan dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Pengurus BP2MNU, Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Staf Karyawan SMK Maarif NU 2 Karanglewas. Kegiatan ini diawali oleh penyambutan Kepala Sekolah, Ketua Pengurus BP2MNU, dan yang ketiga oleh Pengawas. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti, pengawas menilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian. Alhamdulilah kegiatan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) berjalan dengan lancar. Dengan adanya kegiatan ini, sekolah berharap Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dapat menambah kualitas sekolah dan memberikan hasil yang terbaik bagi sekolah.